Langsung ke konten utama

Kesederhanaan dan Cinta adalah Keutamaan Manusia

Karya: A'la Hikam

Di era milenial ini dan lebih tepat nya dengan hegomoni tekhnologi, kata sederhana dan cinta tidak lagi ada pada makna yang sesungguhnya. Banyak orang memahami kata sederhana sebagai kecukupan dalam melakukan atau memakai sesuatu. Sedangkan cinta dipahami hanya sebatas kesenangan semata terhadap sesuatu yang menarik pada diri kita. Lantas apa bedanya cinta dengan nafsu ?

Paham tersebut mengkaburkan makna yang ada di balik kata sederhana dan cinta. Sehingga pada paham tersebut banyak orang sadar tapi tidak menyadari sebenarnya apa itu kesederhanaan ? dan apa itu cinta ? dalam arti yang sesungguhnya.

Kesederhanan (iktidal)

Kesederhanaan adalah suatu sifat yang akan membawa kita terhadap kesadaran sebagai manusia dan sekaligus hamba. Untuk mencapai itu, pertama-tama kita harus bisa memenjarakan atau menahan kemauan manusiawi kita, dalam bahasa arabnya itu di katakan "iffah", juga kita harus mempunyai sifat "sajak" yang berarti kita berani keluar dari zona nyaman yang ada dalam kehidupan keseharian kita.

"Iffah" dan " sajak " adalah dua kata dalam satu kesatuan yang tidak bisa di pisahkan. Ibarat dua kaki yang saling beriringan untuk mencapai kesederhanaan. Semua orang mempunyai keinginan untuk melakukan kesenangan-kesenangan manusiawi nya, seperti memakan makanan yang enak bagi dirinya, sehingga pada akhirnya akan menimbulkan ketidak stabilan bagi tubuh nya. Ketika manusia bisa menahan diri dari apa yang dia inginkan itu, disitulah manusia mencapai "iffah", bersamaan dengan itu "sajak" juga akan timbul karena dia sudah berani menahan sakit yang ada pada dirinya di karenakan keinginan nya tidak bisa terealisasikan.

Seseorang yang meloncat pada bara api karena di dalam kobaran itu ada sesuatu barang yang berharga, itu bukan "sajak" namanya tetapi setengah setres/gila. Ketika seseorang berambut panjang, berpakaian kotor, sampai menyakiti diri nya hanya semata-mata untuk menjaga hartanya itu bukan "iffah" tapi itu "bakhil". Ketika "iffah" dan "sajak" yang sudah di singgung di atas berada dalam diri manusia, maka manusia sudah ada pada posisi titik kesederhanaan.

Cinta (mahabbah)

Dalam cinta (mahabbah) seperti hal nya kesederhanaan juga ada dua sayap yang harus di kibarkan untuk mengetahui hakikat cinta itu yaitu adil dan hikmah. Pengertian dari adil sendiri yaitu meletakkan sesuatu pada tempatnya dan memberikan sesuatu kepada pemiliknya. Sedangkan hikmah ialah sesuatu yang menuntun pada kebenaran .
Mengapa saya mengatakan cinta tidak bisa terlepas dengan keadilan dan hikmah ?
Keadilan terhimpun di dalam nya kejujuran dan amanah (tanggung jawab). Ketika seseorang sudah bisa menyatakan sesuatu apa adanya (jujur) dan bertanggung jawab atas apa yang dia katakan (amanah), maka di situlah akan tumbuh benih-benih cinta, dikarenakan cinta itu telah tumbuh maka secara tidak bersamaan manusia itu akan menuntut diri nya pada kebenaran (hikmah). Maka nyatalah keadilan dan hikmah itu sebagai dua pilar yang menyokong pada manusia untuk memahami arti kata cinta. 

Sekarang pertanyaan nya dari manakah keadilan dan hikmah itu muncul ?
Sesuatu yang lebih halus dari pada hukum dan merupakan rahasia dari hati sanubari manusia itu lah hikmah. Adapun keadilan adalah timbangan keberanian seseorang terhadap sesuatu, maka lengkap lah sudah manusia yang adil akan menumbuhkan cinta. Dan dari cinta itu muncul kata hikmah yang oleh Socrates bapak dari pada filsuf-filsuf yunani berkata “hikmah adalah jauh pandangan, dalam pengertian, karena yang ditujunya bila dia memanah hati kebenaran”.

Keutamaan manusia.

Manusia sebagai makhluk yang mempunyai keutamaan dengan sifat kesederhanaan “ikthal” dan cinta “mahabbah” nya menjadi pelaku perubahan pada dunia ini. Kaum stoik membagi tugas pada diri manusia dengan dua bagian.1). Yang ada dalam jangkauan nya missal usaha dia untuk menentukan kehidupan keseharian nya.2). Yang ada di luar jangkauan nya seperti hasil dari akhir dari usaha yang iya buat itu bukan termasuk pada jangkauan tugas manusia. Itulah bentuk kesederhanaan “kesederhanaan” yang di ajukan oleh kaum stoik.

Kesederhanaan tidak akan lengkap rasa nya apabila tidak disertakan dengan kilauan-kilauan cinta “mahabbah”, Seperti kata Aristo salah satu filsfuf besar yunani mengatakan “dunia dan seisinya di gerakkan oleh eros cinta “mahabbah” ”. Karna kesederhanaan dan cintalah yang membuat manusia mempunyaui keutamaan di bumi ini.

Manusia yang sudah sadar akan keutamaan nya tentu akan berprilaku dengan budi pekerti yang baik, sopan dan santun, lembut dan halus tutur katanya, berpenampilan apa adanya tanpa ada rasa keluh kesah dalam hati sanubarinya. Ia akan menjalani cobaan dan rintangan yang ada dalam warna-warni kehidupan dengan lapang dada dan kesenangan dalam hati sanubarinya.

Komentar

  1. Semangat trus nulisnya bung🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih suportnya kawan. Barangkali temen" punya tulisan bisa dikirim ke kami, agar bisa saling belajar

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. artikel Anda sangat bagus dan memberikan inspirasi bagi pembaca untuk memprioritaskan kesederhanaan dan cinta dalam hidup mereka. Spirit!

    BalasHapus
  4. Jangan bosen mampir di blog kami ya kak 😁

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ukm Kala Universitas Nurul Jadid mengadakan pameran seni rupa bertajuk "Membumikan Seni Di Bumi Nurul Jadid"

 Penulis : Muhammad A'lal Hikam Potret beberapa karya seni rupa Ukm Kala Terik matahari tidak menghalangi teman-teman Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kala untuk mengadakan kegiatan pameran seni rupa di gazebo kampus. "Acara ini merupakan lanjutan dari Dies natalies Kala yang bertepatan pada tanggal 01 Januari 2024." Ujar kepala suku Kala Ali Afifi Bertepatan pada jam 10:15 hari Senin Tanggal 08 2024, mereka mulai menata beberapa karya seni rupa dan akhirnya selesai pada jam 12:00. Dengan alat seadanya mereka menikmati dan sangat senang mengadakan acra ini. Berlanjut, acara ini akan ditutup dengan penampilan teater dengan tema "membumikan seni di Universitas Nurul Jadid" yang akan dilaksanakan pada hari kamis mendatang. "acara ini sebenarnya bertujuan untuk menunjukkan bahwa Ukm Kala ini masih tetap eksis dan melestariskan kesenian di bumi Nurul Jadid." timbal pria kelahiran Sumenep tersebut. Beberapa pengunjung yang menikmati pameran seni rupa Ukm Kala M

Kampung Durian Wisata yang Wajib dikunjungi Bagi Pecinta Durian

Penulis : Muhammad A'lal Hikam  Potret wisata kampung durian kala sore hari  Setelah saya menghadiri acara wisuda salah satu teman di Universitas Negeri Jember (UNEJ) terlintas keinginan mampir ke sebuah tempat menarik bernama Kampung Durian. Salah satu tempat wajib dikunjungi oleh pencinta durian seperti saya.  Tidak seperti kampung durian yang ada dalam film kartun Upin dan Ipin. Tidak terlalu banyak pohon durian, namun mata kita bisa dimanjakan dengan jejeran durian-durian yang ditata rapi hampir disetiap depan rumah penduduk sekitar kampung.  Banyak hal yang saya lalui untuk sampai kesana. Pasalnya kota jember ketepan hujan deras dan saya juga beberapa kali salah jalan. Sekitar 1 jam dari Unej saya sudah bisa sampai disana.  Sungguh lelah karena diguyur hujan terbayarkan setelah saya melewati gerbang kampung tersebut. Durian sebesar kepala manusia, bahkan ada yang lebih besar lagi bergelantungan dipinggir jalan, ada juga yang sampai menyentuh tanah. Teman saya bergumam "ke

Hermeneutika Dan Tafsir Al-Quran

Karya : Muhammad A'lal Hikam Belakangan ini, dunia tafsir dikejutkan dengan penafsiran baru (Hermeneutika). Tak luput dan tak lain hal ini berakar dari paham yang berasumsi, segala sesuatu bisa dijangkau menggunakan akal (Liberalisme). “manusia adalah satu-satunya standart bagi segala sesuatu” ujar Protagoras. Kata Hermeneutika secara etimologi diambil dari kata Yunani “Hermenium” yang berarti penjelasan, penafsiran atau penerjemahan. Jika dilihat secara historical, Hermeneutika diambil dari nama dewa metologi Yunani kuno bernama Hermes. Tugas darinya ialah, menerjemahkan pesan-pesan dari gunung Olympus ke dalam bahasa manusia. Istilah Hermeneutika dipergunakan oleh Teolog Yahudi dan Kristen. Pada saat itu, mereka terombang ambing dengan keoutentikan Bible. Apakah Bible kalam Tuhan atau bukan? Keraguan ini di latar belakangi daripenuan teks bible kuno yang berbeda gaya dan kosa katanya. Sehingga para pakar bible menyepakati, butuh Hermeneutika untuk memahami teks-tek